penyakit-penyakit aneh di dunia

1. Penyakit kaki Gajah

Penyakit Kaki Gajah (Elephantiasis) atau Lymphatic Filariasis adalah penyakit yang disebabkan oleh cacing parasit yaitu Wuchereria Bancrofti, Brugia Malayi dan B.Timori yang semuanya dapat ditularkan oleh nyamuk. penyakit ini telah menyerang lebih dari 120 juta orang didunia. efek yang timbul oleh penyakit ini adalah membesarnya bentuk kaki atau tangan si penderita dengan ukuran yang sangat besar.

a) penderita

















b) cacing penyebab kaki gajah















2. Progeria




Progeria adalah penyakit penuaan dini pada anak-anak yang membuatnya tampak lebih tua dari usia normalnya. saat ini Progeria dikenal sebagai penyakit paling unik dan aneh yang pernah ditemukan. Ciri-cirinya antara lain adalah kuku melengkung serta rapuh, pengerasan di persendian, pengeroposan tulang yang menyebabkan tulang mudah retak atau patah dan gigi terlambat tumbuh. ciri yang lebih signifikan lagi adalah rambut rontok dan tidak tumbuh lagi, pembuluh darah di bagian kepala tampak jelas serta mengeriputnya kulit karena jaringan lemak tidak ada.

3. Werewolf syndrome

















penyakit aneh yang satu ini adalah suatu penyakit dimana wajah seseorang ditumbuhi dengan begitu banyak rambut sehingga menutupi seluruh wajah.
nama penyakit ini berawal Ketik
a seorang anak berusia dua tahun yang bernama Abys Dejesus menderita keanehan dimana seluruh wajahnya ditutupi rambut. menyaksikan keanehan ini seorang dokter ahli segera mengenali gejala tersebut sebagai Human Werewolf Syndrome. disebut demikian karena orang dengan penyakit ini di seluruh tubuhnya akan tumbuh rambut seperti halnya werewolves (tentunya tanpa gigi tajam dan cakar).

4. Blue Skin Disorder
Penyakit ini sebenarnya bukanlah penyakit yang terlalu serius. penderita penyakit ini hanya mengalami perbedaan warna kulit dengan kulit orang lain pada umumnya. mereka yang menderita Blue Skin Disorder memiliki kulit dengan warna biru, plum atau bahkan ungu tua.
Zaman dahulu terdapat sebuah k
eluarga besar yang dikenal sebagai “orang biru” yang tinggal di bukit di sekitar Troublesome Creek di Kentucky sampai tahun 1960an. dinamakan demikian karena kulit mereka berwarna biru. kebanyakan dari mereka hidup sampai umur 80th nan. celakanya penyakit ini diteruskan secara turun-temurun.

5. Pica


Pica merupakan suatu penyakit dimana seseorang mengalami pola makan yang aneh. Pica biasa terjadi pada anak-anak, ibu hamil dan orang dewasa. Penderita biasanya mengonsumsi makanan yang tidak masuk akal. Penyebabnya hingga kini masih belum diketahui dengan jelas. Tapi beberapa peneliti menduga kurangnya zat besi dan anemia memicu pola makan tersebut. Penderita Pica biasanya sering makan tanah, pasir, daun, batu, kapur, puntung rokok, lampu, pensil, besi, es, cat, tanah liat, bulu binatang, lumpur bahkan kotoran binatang.
Untuk menyembuhkan penderita Pica, dibutuhkan penanganan secara keseluruhan, meliputi pendidikan perilaku yang benar, lingkungan yang mendukung dan pendekatan keluarga. Pemberian hukuman juga cukup efektif untuk mengatasi penderita Pica. Penderita Pica butuh sosok terapis, psikolog atau psikiater yang bisa mengatasi masalah psikologisnya.

6. Vampire Disease : Takut Matahari



Vampire Disease merupakan suatu penyakit aneh dimana seseorang yang jika kulitnya terkena sinar matahari akan mengakibatkan kulitnya melepuh. mereka yang menderita penyakit ini akan selalu menghindari cahaya matahari agar tidak mengalami pelepuhan pada kulit mereka.




7. Alice in Wonderland Syndrome



Alice in Wonderland syndrome adalah suatu penyakit dimana penderita melihat semua objek lebih kecil dari diri mereka. Kondisi ini, juga dikenal sebagai pandangan micropsia atau Lillliput, dapat juga mempengaruhi indera pendengaran, peraba dan persepsi seseoarang akan body image.
Sindrom ini dihubungkan dengan sakit kepala karena migraine dan diberi nama dengan karya Lewis Carroll yaitu petualangan Alice in Wonderland,dimana Alice mengalamai berbagai pengalaman aneh yang serupa dengan apa yang mungkin saja dialami oleh penderita micropsia.
Fakta bahwa penderita sindrom ini mengalami migraine juga terdokumentasi dengan baik, dan beberapa spekulasi bahwa penderita mengalami berbagai alur dalam proses kerjanya.

8. Blaschk
o’s Lines

Penyakit satu ini dikenal juga dengan nama Lines of Blaschko. penyakit yang super langka ini pertamakali dikenalkan pada tahun 1901 oleh ahli dermatologi dari jerman bernama Alfred Blaschko’s. penyakit ini tidak memiliki gejala yang dapat diramalkan, efek penyakit ini adalah timbulnya bentuk V pada tulang belakang atau S pada dada dan perut.



9. Walking Corpse Syndrome




Penyakit ini dikenal juga dengan nama Sindrom Cotard, yaitu kelainan langka dimana penderita yakin bahwa mereka telah meninggal atau dinyatakan tidak lagi ada. Ini pertama kali dideskripsikan oleh Jules neurolog Cotard pada tahun 1880.selain itu penyakit ini juga menyebabkan penderitanya berimajinasi sedemikian jauh seperti merasa bahwa dirinya dapat mencium daging tubuhnya yg membusuk atau merasakan cacing merayap dikulitnya. peristiwa ini dapat terjadi pada orang yang kekurangan tidur atau menderita penyakit kejiwaan akibat mengonsumsi amphetamine/cocaine.

10. Jumping Frenchman Disorder


Karakteristik yang paling menonjol dari penderita penyakit ini adalah mereka selalu memperlihatkan respon yang sangat berlebihan ketika mereka terkejut. reaksi aneh mereka diantaranya mengeluarkan refle
k seperti memukul lengannya, menjerit atau berbicara berulang-ulang suatu kata. termasuk menangis, memukul-mukul kaki dan kadang-kadang kejang.

No comments:

Post a Comment