ANGGREK Jenis jenis Bunga Anggrek dan Cara Memili

bunga anggrek bulan mempunyai bentuk dan warna yang sangat indah jenis ...Bunga Anggrek Ungu. ... com » Gambar » Bunga Anggrek Budidaya Anggrek Jenis Anggrek Berkebun ... Blog Archive » Bunga - bunga di mana-mana - bunga anggrekbunga anggrekBunga Anggrek | Aneka BungaANEKA JENIS GAMBAR BUNGA ANGGREK >> Macam-macam Manfaat Bunga Anggrek ...


Ada beragam jenis bunga anggrek yang tersebar luas hampir di seluruh dunia. Sebagian besar dapat ditemukan di daerah tropis. Bunga anggrek biasanya dijadikan sebagai tanaman hias dan diminati banyak orang terutama para wanita.Klasifikasi Anggrek
Berdasarkan tempat tumbuhnya, bunga anggrek dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

Epifit. Jenis ini hidup dengan menumpang pada pohon atau tanaman lain, namun tidak merugikan tanaman induknya. Anggrek jenis ini hanya membutuhkan tanaman lain sebagai tempat berlindung dari cahaya matahari.

Terestial atau dikenal juga dengan anggrek tanah, yaitu anggrek yang tumbuh langsung di tanah dan mambutuhkan sinar matahari langsung.

Saprofit. Anggrek ini tumbuh pada media tanam yang mengandung kompos atau humus (daun-daun kering) dan hanya membutuhkan sedikit sinar matahari.

Litofit, yaitu anggrek yang tumbuh pada batu-batuan dan membutuhkan cahaya matahari yang banyak.

Berdasarkan tipe tumbuhnya, anggrek dibedakan menjadi:

Monopodial, yaitu anggrek yang memiliki satu titik tumbuh.

Simpodial, yaitu jenis anggrek yang memiliki beberapa titik tumbuh dan tunas anakan baru muncul di sekitar batang induk.

Tips Merawat Bunga Anggrek
Merawat berbagai jenis bunga anggrek memang gampang-gampang susah. Untuk itu, berikut ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu Anda dalam merawat tanaman ini.

Perhatikan suhu atau temperatur udara tempat Anda memelihara bunga anggrek. Pilihlah jenis bunga anggrek yang sesuai dengan lokasi tempat tinggal Anda, karena masing-masing anggrek akan bertahan pada suhu optimal yang berbeda-beda.

Tanaman anggrek dapat tumbuh dengan baik pada daerah yang memiliki temperatur udara lima belas sampai tiga puluh lima derajat celcius.

Bagi Anda yang pemula, sebaiknya pilih jenis bunga anggrek yang sudah siap berbunga atau anggrek dewasa, untuk mengurangi resiko kegagalan.

Perhatikan sistem pencahayaan pada tanaman anggrek, ada jenis anggrek yang harus mendapat pencahayaan penuh, namun ada juga jenis yang hanya membutuhkan penyinaran sekitar 10-30% saja.

Terdapat berbagai media tanam untuk tanaman anggrek, yaitu pakis, kulit pohon pinus, arang kayu, sabut kelapa, pecahan batu bata, potongan steoform, dll. Anda bisa memilih salah satu jenis media tanam saja, atau bisa juga gabungan dari beberapa media tersebut.

Lakukan penyiraman sesuai dengan usia tanaman. Tanaman anggrek yang masih muda disiram sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu pagi sebelum jam delapan dan sore hari setelah jam empat sore. Sedangkan untuk anggrek dewasa, penyiraman dilakukan cukup sekali saja yaitu pagi hari. Namun jika media tanamnya masih dalam keadaan basah atau lembap, sebaiknya tidak usah disiram agar akarnya tidak membusuk.

Cara penyiraman terbaik adalah dengan menggunakan spray agar merata ke seluruh batang, daun, dan akar. Gunakan air bekas mencuci beras atau ikan/daging.

Pemupukan diberikan sesuai dengan usia tanaman. Sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari.

Dengan perawatan yang tepat, dijamin berbagai jenis bunga anggrek dapat tumbuh dan berbunga indah.

No comments:

Post a Comment