Masjid tertinggi didunia

Coba perhatikan dengan seksama bangunan ini? Tidak tampak seperti masjid bukan? memang benar, bangunan megah ini bukanlah sebuah masjid melainkan sebuah gedung tertinggi didunia. saya katakan masjid tertinggi didunia karna didalam gedung yang memiliki 160 lantai ini terdapat masjid dilantai 158. jadilah masjid ini sebagai masjid tertinggi didunia.
Gedung megah yang didirikan dikota Dubai ini bernama Burj Khalifa. proses pembangunan gedung ini hampir memakan waktu selama 5 tahun dan menghabiskan biaya sekitar USD 1,5 milliar. dengan ketinggiannya, gedung ini telah mampu mengalahkan rekor yang sebelumnya telah dipegang oleh gedung taipei 101 di Taiwan.

Selain memiliki masjid tertinggi didunia, Burj Khalifa juga memiliki kolam renang tertinggi didunia dilantai 76 dan dek observasi tertinggi didunia dilantai 124.
Rencananya bangunan ini akan ditempati lebih dari 12.000 orang. Dengan 54 elevator yang dapat mencapai kecepatan 40 mil/jam.
Begitu tingginya gedung ini, orang dapat melihatnya dari jarak 100 kilometer didarat dan 50 mil dari teluk. karena ketinggiannya pula, puncak menara gedung ini berada disuhu 8 derajat celsius lebih rendah dari pada suhu dilantai dasar.

Menara yang dibangun oleh Emaar Propertied itu adalah sebuah katalis yang telah menciptakan sebuah lingkungan vertikal- termasuk pengembangan bagian dasarnya seluas 500 hektar,termasuk untuk Dubai Mall. Desainer Burj Khalifa, Andrian Smith mengatakan bahwa dalam membangun karya megahnya ini dia berusaha memadukan arsitektur barat dengan arsitektur islam.


No comments:

Post a Comment