Proses Perkembangan Bunga



Bunga biasa tumbuh pada tanaman. Pada tanaman terdapat organ untuk berkembang biaknya benih atau bibit bunga. Berkembangnya bunga melalui proses penyerbukan, yaitu berpindahnya bibit jantan (male gametes) pada bibit betina (female gametes) dan menghasilkan sel baru yang disebut buah atau biji. Peristiwa ini disebut juga jatuhnya serbuk sari pada permukaan putik atau kepala putik, dan kepala putik ini menjadi bakal biji atau pembuahan. Pembuahan ini yang disebut berkembang dan mekarnya bunga.
Penyerbukan/polinasi

Penyerbukan atau polinasi merupakan suatu proses berkembang biaknya tanaman bunga, yaitu peristiwa menempelnya serbuk sari di kepala putik. Serbuk sari sampai ke kepala putik dengan dibawa oleh perantaranya. Berdasarkan perantaranya (polinator), penyerbukan dapat dibedakan menjadi 4 yaitu:
Penyerbukan oleh angin.

Angin berguna untuk bergeraknya atau berpindahnya serbuk sari dengan sendirinya pada bunga yang lain.

Ciri-ciri bunga yang diserbukkan oleh angin yaitu:

* Bunga tidak berwarna
* Tidak mempunyai kelenjar madu
* Serbuk sari banyak dan ringan
* Tangkai sari panjang dengan kepala sari besar
* Mempunyai putik yang panjang

Penyerbukan oleh hewan.

Hewan yang beraksi dalam proses penyerbukan adalah jenis serangga, seperti kupu-kupu, ngengat atau lebah. Hewan-hewan ini yang membawa serbuk sari dari satu bunga ke bunga yang lain, tapi masih pada satu jenis bunga.

Ciri-ciri bunga yang diserbukkan oleh hewan ini yaitu:

* Mahkota bunga berwarna-warni
* Berbau harum
* Menghasilkan kelenjar madu
* Serbuk sari berlendir sehingga mudah melekat
* Putik tersembunyi dan berlendirProses penyerbukan bisa juga dibantu oleh hewan lain seperti burung dan kelelawar. Namun bunga yang dihasilkan biasanya berbau tidak harum dan tidak menghasilkan kelenjar madu.

Penyerbukan oleh air

Penyerbukan ini terjadi pada tumbuhan yang bunganya terendam dalam air. Air berguna sekali dalam proses reproduksi bunga, karena air juga dapat menyuburkan bibit bunga tersebut.
Penyerbukan oleh manusia

Yaitu penyerbukan yang dilakukan karena pertolongan manusia. Biasanya manusia melakukan pencangkokan atau penyilangan antara satu bunga dengan bunga yang lain untuk memperbanyak tumbuhnya bunga.


Pembuahan/Fertilisasi

Setelah terjadi proses penyerbukan, lalu akan terjadi pembuahan. Pembuahan merupakan proses penting dalam pembentukan biji dan buah. Pembuahan terjadi untuk memproduksi bibit bunga. Biasanya, setelah proses penyerbukan, bunga akan mengalami pembuahannya sendiri. Pembuahan terjadi apabila serbuk sari telah masuk ke bagian dalam putik atau bakal buah. Lalu dari bakal buah ini akan membentuk biji yang melengkapi proses reproduksi bunga. Hasil dari pembuahan ini adalah variasi bunga dari jenis yang sama.

Visit our category :

- Flowers
- Gifts
- Hampers
- International Florists
- Roses
- Wine & Spirits

No comments:

Post a Comment