Menilai Sebuah Peluang Bisnis Internet

Dunia bisnis internet belakangan ini makin banyak menarik minat orang, karena dipandang sebagai sebuah peluang bisnis yang menjanjikan. Akan tetapi kebanyakan dari mereka menemui kegagalan pada saat-saat awal, dan mereka menghabiskan banyak uang untuk memulai kerjasama bisnis yang tidak jelas. Padahal sama halnya dengan peluang bisnis lainnya, kita harus hati-hati dalam menilai suatu peluang bisnis, apalagi di dunia internet yang dipenuhi para petualang bisnis yang hanya memanfaatkan ketidaktahuan orang-orang awam.

Iming-iming kerjasama yang mereka tawarkan biasanya adalah “Cara cepat menjadi kaya” atau “Peluang bisnis tanpa kerja” dan sebagainya. Padahal kita tahu dalam dunia bisnis, baik itu bisnis online maupun bisnis offline, hal semacam itu mustahil terjadi. Semua bisnis membutuhkan usaha dan kerja keras para pelakunya. Namun harus diakui, peluang kerjasama usaha bisnis internet (bisnis online) mempunyai beberapa macam kelebihan dibanding bisnis offline. Karena kebanyakan peluang bisnis internet hanya menawarkan produk-produk virtual berupa software atau e-book, maka pertimbangan-pertimbangan dibawah ini dapat dinilai sebagai sebuah kelebihan.

Kelebihan-kelebihan peluang bisnis internet (bisnis online) tersebut antara lain :

  • Tidak perlu keluar rumah, cukup bekerja dibalik layar monitor PC anda.

  • Tidak harus repot mengambil/mengirim produk karena produk virtual bisa diambil/dikirim melalui internet

  • Target pasar yang tidak terbatas, karena bisa menjangkau seluruh dunia.

Namun dibalik kelebihan-kelebihan tersebut, tentu ada juga kekurangan-kekurangannya, diantaranya :

  • Target pasar yang terbatas. Karena kerjasama internasional hanya bisa menawarkan bisnis ini kepada mereka yang terhubung dengan internet saja. Anda misalnya tidak bisa menawarkan produk e-book kepada mereka yang tidak mempunyai komputer.Maka dari itu harus adanya perjanjian kerjasama

  • Di Indonesia baru sekitar 0.5% saja orang yang terhubung ke internet

  • Anda tahu tidak semua orang yang anda kenal terhubung ke internet/komputer

  • Tidak semua orang mampu dan mau memanfaatkan produk virtual.

No comments:

Post a Comment