Jenis-jenis adenium arabicum

Adenium Arabicum
Adenium arabicum berasal dari Timur Tengah. Dari sana dibawa ke berbagai negara yang berbeda iklimnya sehingga terjadi perubahan karakter adenium arabicum.
Semula hanya ada 2 jenis arabicum yaitu :
1. Adenium arabicum dataran rendah. Hidup dibawah ketinggian 1000 dpl.Cara membedakan : lihat batangnya.Batangnya tinggi, bilamana ditanam di alam bebas bisa mencapai 2 meter atau lebih. Cabang berumpun dan agak berkelok-kelok. Daunnya bulat, besar, adan agak lonjong.
2. Adenium arabicum dataran tinggi. Aselinya hidup di ketinggian lebih dari 1000 meter dari permukaan laut.Batangnya agak pendek, melebar ke samping. Cabangnya tumbuh luirus vertikal.
3. Ra Chine Pan Dok (RCN). Nama ini dalam bahasa Thailand berarti : Ratu Seribu Bunga (Queen of Thousand Flower).Rajin berbunga, berbatang lentur, dan bercabang banyak. Cabang tumbuh merumpun, lurus dan meninggi. Percabangannya yang rapat menimbulkan kesan tua pada tanaman. Daunnya kecil berukuran 2 - 5 cm, berbentuk oval, tidak berbulu, dan mengkilap dibagian atas dan bawah permukaan daun. Bijinya sulit diperoleh dan berukuran paling kecil dibandingkan dengan jenis arabicum lain.

ARABICUM SILANGAN :
1. Thai Socotranum .
Ini silangan dari RCN x Arabicum Yaman. Walaupun namanya pake Socotra adenium ini tidak sama dengan Socotranum yang tumbuh dipulau Socotra. Thaisoco berbatang kekar dan berbonggol besar. Cabang bengkok meliuk-liuk ke semua penjuru. Daunnya tidak berbulu seperti daun RCN. Saat berbunga penuh tanaman ini akan merontokkan daunnya. Ukuran bijinya lebih besar dibandingkan arabicum Yaman. Biji Thaisocotranum sangat sulit diperoleh karena dari 1 pasang buah hanya dihasilkan sekitar 30 biji terpilih. Banyak hibrid baru yang dihasilkan dari persilangan Thaisoco sebut saja : Golden Crown, Petch Banna, Diamond Crown,S1, Kao Hin Son, dan Bangkla
2. Black Giant.
Di Thailand, Blak Giant dikenal dengan nama Yak Dam, karena sosoknya yang besar. Batangnya berwarna hitam kecoklatan dari ujung batang sampai bagian atas caudex (bonggol), sehingga caudex bawah berwarna lebih terang. Batang meruncing ke arah atas. Ruas batang banyak dan tersusun Rapat. Kulit batang kasar bersisik, menegaskan sosoknya yang kekar. Bunga tampak gradasi dari merah pada tepi hingga warna pink di bagian tengah. Daun berbentuk oval dan melekuk ke dalam, tebal, berbulu,dan berwarna hijau muda. Tulang daun berwarna merah. Ukuran biji cukup besar, bahkan sedikit lebih besar dibandingkan biji Yak Saudi.
3. Black Knight.
Black Knight merupakan silangan antara Black Giant dengan Black Somalense.
4. Taiwan Arabicum : Dessert Night Fork.
Bentuk percabangannya seperti garpu (fork), warna batangnya tergaantung pada cuaca.
5. Petch Muang Kong. Namanya sama dengan nama salah satu kota di Thailand.
6. Petch Na Wang (PNW).
7. RCN Hibrid.

Visit our category :

- Flowers
- Gifts
- Hampers
- International Florists
- Roses
- Wine & Spirits

No comments:

Post a Comment